Saturday, July 6, 2013

jangan di klik


kalau saya mengatakan pada anda “JANGAN SEKALI-KALI ANDA BERANI MEMBAYANGKAN SEEKOR MONYET”. Apakah akan terbayang dalam pikiran anda seekor monyet?. Mungkin justru ketika dilarang membayangkan seekor monyet, kita malah meng”klik” kata monyet dan membayangkan sesaat wujud monyet dalam pikiran kita.
Satu hal yang bisa kita pelajari adalah.. Alam bawah sadar kita tidak pernah berkata “Tidak”. Contohnya ketika ada yang menyemangati kita dengan mengatakan..”Maju Terus Pantang Mundur”, maka alam bawah sadar kita akan cepat sekali meng klik kata-kata “Mundur”. Begitulah alam bawah sadar manusia, tidak mengenal kata keterangan negatif (jangan/ tidak/ dll) dan bahkan sangat cepat mengklik kata2 negatif
(bodoh, jelek, lambat, dll) . Contoh lain adalah ketika seorang ibu yang niatnya untuk mencegah kenakalan sang anak denga teguran “Jangan Nakal”. Alam bawah sadar sang anak akan dengan cepat meng klik kata “Nakal”. Sehingga mental yang terbentuk dalam diri anak seolah berkata “Ibu selalu menyebut aku jangan nakal, berarti aku memang nakal, maka kalau tidak nakal maka itu bukan aku”. Begitu pula ketika sang pelatih mengatakan pada sang atlit “ Kamu tidak boleh kalah?”. Mungkin niat sang pelatih adalah agar memotivasi sang atlit agar punya semangat untuk menang. Tapi tidak begitu…sekali lagi.. alam bawah sadar tidak pernah berkata tidak dan sangat cepat meng klik kata-kata negatif, maka kata-kata “Kalah” akan cepat sekali di klik. Tujuan tidak bisa menghalalkan cara. Walau niatnya baik kalau caranya tidak baik, ya… hasilnya bisa anda tebak pula.
Trus Bagaimana…?

Lalu bagaimana agar alam bawah sadar kita agar tidak mengklik kata-kata negatif dan bagaimana pula menjadi seseorang yang selalu mengatakan kata-kata positif.?

  1. Tidak semua perkataan bisa langsung kita masukan ke pikiran. Saring semua Informasi. Jika ada yang berkata negatif..cuma ada 2 pilihan… tertantang atau terpuruk? .
    Kamu bodoh !…Terpuruk jadi benar-benar bodoh atau tertantang buat jadi Pintar
    Kamu lambat !…Terpuruk jadi seorang yang lelet atau tertantang buat jadi Cepat
    Kamu penakut !…Terpuruk jadi jadi seorang yang takut segala hal atau tertantang buat jadi Pemberani
    Kamu Ceroboh !…Terpuruk jadi orang ceroboh atau tertantang buat menjadi lebih berhati-hati
    Kamu Gagal!… Terpuruk jadi orang gagal atau tertantang buat menjadi Sukses
    Dan… tentukan pilihan anda…
  2. Tebarlah kata-kata positif.. ganti yang negatif. Ganti kalimat
    Maju terus pantang mundur…menjadi…Maju terus sampai sukses
    Jangan nakal…menjadi…Jadilah anak baik
    Kamu tidak boleh kalah…menjadi…Kamu pasti bisa menang
    Sukses atau gagal…menjadi…Sukses atau belajar
    Jangan Takut…menjadi…Jadilah Pemberani
    Dll…masih banya tugas kita untuk menebar kata-kata positif…

Be Positive….Berkatalah yang baik atau… DIAM

No comments :

Post a Comment